"learning by doing"

Tuesday 6 March 2012

Posted by JendelaIlmu21 on 15:01 in | No comments
ilustrasi

Status Yogyakarta yang menjadi Kota Pelajar menjadi daya tarik sendiri bagi siswa untuk melahjutkan studi kuliahnya di Kota Yogyakarta, baik di universitas negeri atau pun swasta. Setiap tahun Kota Yogyakarta terjadi pertambahan penduduk yang begitu banyak, yaitu khususnya oleh kalangan mahasiswa. Mahasiswa berbondong-bondong ke Yogyakarta untuk melanjutkan studi kuliah di universitas negeri maupun swasta yang ada di kota ini. Mahasiswa yang dating pun tidak hanya berasal dari daerah jawa akan tetapi juga banyak yang berasal dari luar jawa.
Mahasiswa yang berpindah ke Kota Yogyakarta, harus meyesuaikan diri dengan masyarakat Yogyakarta. Ada diantara mereka khususnya yang berasal dari luar Jawa memerlukan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan masyarakat Yogyakarta, karena adanya perbedayaan budaya asal daerah mereka dengan budaya Kota Yogyakarta. Akan tetapi ada juga mahasiswa yang bisa mengadaptasikan dirinya dengan masyarakat Yogyakarta dengan wakt yang cukup singkat.
Bagi mahasiswa beradaptasi dengan lingkungan masyarakat Ygyakarta sangatlah penting mengingat salah satu faktor mahasiswa sukses belajar yaitu faktor lingkungan. Sehingga kesuksesan mahasiswa dalam menempuh kuliah salah satunya bisa dilihat dari bagaimana mereka menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.
Masyarakat Yogyakarta dikenal merupakan masyarakat yang santun. Sehingga dengan kesantunan masyarakat Yogyakarata, memepermudah mahasiswa untuk menyesaikan diri. Bahkan banyak mahasiswa yang betah dengan lingkungan masyarakat Yogyakarta. Salah satunya yaitu Bondan mahasiswa D3 Ekonomi yang telah meyelesaikan studinya mengatakan “Saya sangat betah tinggal di Yogyakarta, begitu juga masyarakatnya yang ramah, kemungkinan saya juga akan mencari pekerjaan disini”, ujar mahasiswa yang berasal dari Jambi tersebut.
Bahkan banyak mahasiswa yang dulunya kuliah di Yogyakarta sekarang sudah memiliki keluarga, tempat tinggal dan dan pekerjaan tetap di Yogyakarta. Dengan demikian adaptasi sosial merupakan salah satu adaptasi yang sangat penting untuk dilakukan bagi masyarakat yang mempunyai lingkungan baru.

Adib Aunillah (10/299747/SA/15446)
Sastra Asia Barat
Universitas Gadjah Mada

0 komentar:

Post a Comment

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter