"learning by doing"

Friday 30 January 2015

Posted by JendelaIlmu21 on 14:06 | No comments
Hello guys, kali ini saya akan menghadirkan tulisan dari salah seorang traveller berkebangsaan Australia yang benama Josh Cahill. Saya tidak sengaja menemukan tulisannya ketika saya sedang browsing, dan tema-nya cukup menarik. 

Josh pada artikel yang dia publish di web gotravelyourway.com membahas mengenai maskapai terbesar dan tertua di Indonesia, yaitu Garuda Indonesia. Untuk mempermudah dalam penyampaikan informasi dalam artikel tersebuta saya mencoba untuk menerjemahkannya dalam bahasa Indonesia dan memberikan tambahan foto-foto agar mudah dipahami. 

Berikut tulisannya ...


Siapa sebenarnya maskapai Indonesia yang sedikit kita tahu di Australia ini? Skytrax , penilai maskapai penerbangan terkemuka di dunia dan penggunanya memilih Garuda Indonesia pada posisi 8 maskapai terkemuka di dunia, persis dibelakang Etihad Airways dan Cathay Pasific, kemudian diikuti Turkish Airline dan Qantas. Maskapai ini juga menerima penghargaan sebagai kelas ekonomi terbaik di antara maskapai lainnya.
Pada tahun 2012, saya berkesempatan untuk terbang bersama Garuda dari Yogyakarta ke Denpasar dan bahkan meskipun penerbangan hanya sekitar 1 jam, saya sangat kagum. Layanannya sangat luar biasa dan armadanya selalu diperbarui.

Siapa sih maskapai penerbangan Indonesia yang hanya kita tahu sedikit tentangnya ini? Maskapai ini dilarang (untuk melakukan penerbangan ke Eropa) oleh European Union sampai tahun 2007. Saya sedikit melakukan penelitian dan kamu akan takjub bagaimana teman kita Indonesia memajukannya.

1. Dalam bahasa Indonesia kata Garuda sepadan dengan kata Elang


foto : Isnan Wijarno

Seperti yang sudah bisa anda tebak pada foto di atas, penamaan maskapai ini terinspirasi oleh mitos burung Garuda. Burung garuda sebagai lambang luasnya negara Indonesia. Ini juga dijadikan sebagai lambang negara Republik Indonesia yang terdiri dari 17.500 pulau. Salah satu yang terkenal mungkin Bali.

2. Ini adalah armada pertama DC-3 yang disita saat revolusi

foto : mip

Kamu pasti sudah mendengar! Selama revolusi nasional Indonesia, pertempuran antara Indonesia dengan Belanda pada tahun 1945. Belanda menyita pesawat ini dan kemudian menjualnya kepada Garuda Indonesia. Pesawat ini secara resmi menjadi armada pertama yang dioperasikan oleh maskapai Garuda Indonesia. 

3. Pesawat Garuda pertama dengan (tenaga) jet adalah jenis Convair CV 990

foto : wikipedia

Pada bulan September 1963 Garuda mendatangkan pesawat dengan (tenaga) jet untuk armadanya yaitu Convair CV 990. Garuda Indonesia akhirnya bisa mengoperasikan penerbangan jarak jauh dengan lebih efisien.Masih pada bulan yang sama, Garuda membuka penerbangan pertama ke Eropa, pertama ke Amsterdam dan selanjutnya ke Frankfurt.

3. Pada tahun 2007 Garuda Indonesia dilarang melakukan penerbangan ke Eropa

foto : schipol.nl

Ke Eropa tidak lagi ! Pada tahun 2007 European Union memberlakukan standar keamanan baru yang menyebabkan semua maskapai penerbangan Indonesia dilarang untuk melakukan pendaratan di Eropa. Pada bulan Juli 2009 "embargo" dicabut dan selang beberapa waktu Garuda Indonesia tidak lagi di black list. Selang beberapa saat kemudian Garuda Indonesia membuka penerbangan ke Amsterdam via Abu Dhabi.



5. Garuda Indonesia terpilih menjadi maskapai perkembangan tercepat

foto : timetravelturtle.com

Tahun 2009 merupakan tahun penuh "emosi", tetapi dengan akhir gembira pada maskapai terbesar di Indonesia ini. Meskipun di black list di Eropa sampai pertengahan tahun 2009, pada tahun 2010 maskapai ini terpilih sebagai maskapai dengan perkembangan tercepat di seluruh dunia. Manajemen Garuda melakukan pekerjaan yang fantastik, hingga menempatkan Garuda Indonesia sebagai maskapai bintang 4 (pada waktu itu)

6. Garuda Indonesia adalah salah satu sponsor resmi Liverpool FC


foto : maxrestdefault
Pada tahun 2012 Garuda Indonesia dan salah satu ikon premier league  Liverpool FC menandatangani kesepakatan kontrak selama 3 tahun. Pada tahun 2013 Liverpool datang ke Australia untuk tour pra musim. Dengan maskapai Garuda Indonesia, klub ini menghadapi Melbourne Victory di Melbourne, bermain didepan 95.000 penonton.

7. Sydeny, Melbourne, dan Perth menjadi penerbangan utama Garuda Indonesia

foto : wongwatugede.blogspot.com

Hampir semua warga Australia penah pergi ke Bali meskipun satu kali dalam hidupnya. Tapi bagaimana cara untuk bisa mencapainya? Bagaimana tentang penerbangan dengan full service (layanan penuh) dari Australia ke Denpasar? Garuda Indonesia mengoperasikan (layanan) ini dari dan ke Jakarta dan Denpasar antara Sydney dan Melbourne. Jika anda tinggal di Perth, Garuda melayani penerbangan langsung dari dan ke Denpasar

8. CEO Garuda Indonesia Emirsyah Satar membersihkan toilet untuk menginspirasi karyawannya.

foto : liputan6.com

"Memimpin dengan mencontohi" itulah kalimat yang pasti ada di pikirannya ketika dia bersedia untuk membersihkan pesawat. Bersama majanemen senior, dia mengambil peran untuk membersihkan toilet, untuk menujukkan kepada karyawannya bahwa mereka harus bangga dengan pekerjaannya. Inilah sesuatu yang sangat jarang dilakukan oleh kebanyakan orang untuk menginspirasi staffnya.

9. Maskapai nomor satu Indonesia ini  bergabung di aliansi penerbangan SKYTEAM

 
foto : flickr.com

Pada tahun 2010, Garuda Indonesia menandatangani persetujuan untuk bergabung dengan aliansi penerbangan SKYTEAM empat tahun selanjutnya, yaitu pada tahun 2014. Garuda Indonesia menjadi anggota yang ke 20 pada aliansi penerbangan ini. Sebelumnya sudah banyak maskapai terkemuka yang telah bergabung, seperti Aeroflot, Aeromexico, Air France, China Airline, KLM Royal Dutch Airline, Korean Air, dan Air Europa. Inilah salah satu step tinggi bagi maskapai ini.

10. Garuda melayani first class (kelas pertama/paling tinggi dalam penerbangan). Boeing 777-lah yang memungkinkan layanan ini ada.

Bilik First Class pada Garuda Indonesia 
(foto : garudamiles.com)

Garuda Indonesia Boeing 777 (foto : ausbt.com.au)

Hari bersejarah bagi keluarga Garuda Indonesia! Pada bulan Juli 2013, Boeing 777 pertama kali bergabung untuk menjadi armada. Garuda Indonesia menawarkan tiga kelas dalam penerbangan. Kelas Ekonomi, Bisnis, dan akan menjadi komplit dengan penawaran barunya, yaitu first class (kelas pertama).

-------

Demikian tulisan dari Josh Cahill tentang Garuda Indonesia. Sebagai warga Indonesia, sudah sepatutnya kita mendukung dan bangga atas segala pencapaian yang telah dilakukan oleh maskapai penerbangan plat merah ini. 

Pada tahun 2014 lalu Garuda Indonesia mendapat penghargaan sebagai maskapai dengan layanan staff penerbangan terbaik dan menduduki posisi ke 7 sebagai maskapai penerbangan terbaik dunia.

Pada tanggal 27 Januari ini, Edward sebagai CEO SKYTRAX memberikan penghargaan kepada maskapai Garuda Indonesia sebagai maskapai bintang 5. Posisi ini adalah pencapaian yang sangat luar biasa. Mengingat penghargaan bintang 5 ini, baru diberikan kepada 8 maskapai terbaik dunia.

Oya saya akan tambahkan tautan link flight report kelas first class dari salah satu penumpang maskapai Garuda Indonesia. Disini.


foto : koleksi pribadi

Terbanglah tinggi Garuda Indonesia. 

Semoga tulisan ini menambah wawasan anda sekalian. Salam :)


0 komentar:

Post a Comment

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter