"learning by doing"

Monday 2 March 2015

Posted by JendelaIlmu21 on 17:52 | No comments
Bagi mahasiswa UGM atau bagi siapa saja yang ingin melanjutkan studi S2/S3 di UGM pasti telah mengetahui apa itu tes PAPs atau Potensi Akademik Pascasarjana. Tes PAPs merupakan salah satu persyaratan untuk melanjutkan studi Pascasarjana dan digunakan untuk mengukur kemampuan/potensi seseorang untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk skor minimal tes ini adalah 500 untuk jenjang S2 dan 550 untuk jenjang S3

Beberapa hari yang lalu saya mengikuti tes tersebut, yang bertempat di Fakultas Psikologi UGM. Saya akan menyampaikan pengalaman saya mengenai bagaimana prosesnya dari mulai pendaftaran hingga pelaksanaan tes.  

Proses Pendaftaran



Pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan pembayaran melalui bank BNI dengan biaya sebesar Rp.125.000,00. Jika anda membayar di BNI UGM(jl.Kaliurang) anda cukup mengatakan untuk pembayaran PAPs UGM kepada teller, maka dia telah memahami maksud anda dan akan segera memprosesnya. Jika sudah selesai maka anda akan mendapatkan bukti pembayaran dan akan tertera di lembaran tersebut password yang akan anda gunakan untuk login dan melakukan pendaftaran tes. Tahap kedua adalah melakukan pendaftaran di website paps.ugm.ac.id. Anda diminta untuk mengisi beberapa data yang sesuai kartu identitas anda seperti KTP,SIM,PASPOR. Pastikan data yang anda masukkan sesuai dengan kartu identitas anda, karena saat tes berlangsung panitia akan mengecek kecocokan kartu identitas anda dengan data yang  anda masukkan saat melakukan pendaftaran secara online. Kemudian anda akan mendapatkan jadwal pelaksanaan tes.

Pelaksanaan Tes

Tes PAPs secara rutin diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi UGM pada hari Kamis. Tes dimulai pada pukul 12.30 siang. Usahakan anda datang lebih awal, karena jika anda datang mepet dengan waktu pelaksanaan tes dan teburu-buru maka hal tersebut akan berdampak pada psikologis anda. Mengingat selama mengerjakan soal konsentrasi kita benar-benar diperlukan dan waktu berjalan sangat cepat. Mengenai konten soal, sebenarnya tidak jauh-jauh berbeda dengan tes TPA yang lainnya, jika anda pernah melakukan tes untuk melamar kerja, cpns, atau tes-tes TPA lainnya, anda tidak perlu khawatir, karena soalnya hampir berdekatan, tinggal pematangan aja, diulang terus. Kemudian sebelum tes berlangsung, panitia tes akan meminta semua peserta untuk pergi ke kamar kecil terlebih dahulu, karena selama tes berlangsung peserta tidak diperkenankan meninggalkan tempat duduk. Hasil tes akan di umumkan satu minggu setelah ujian. 

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter