"learning by doing"

Saturday 18 February 2012

Posted by JendelaIlmu21 on 11:37 in | No comments


Bicaras tentang makanan khas, pasti di benak seseorang adalaha makanan dari suatu daerah tertentu. Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki makanan khas sendiri. Makanan khas menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat Indonesia. Makanan khas menjadi oleh-oleh yang wajib jika seseorang baru pulang dari suatu daerah tertentu untuk keluarga yang ada dirumah, atau hanya sekedar mencicipi saja. Makanan khas biasanya mempunyai rasa dan bentuk yang unik dan tersaji kemasannya menarik serta  tidak ada di tempat lain.
Salah satu makanan khas dari Kota Yogyakarta adalah Kipo.. Mungkin makanan ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakjat umum. Memang tidak semua tempat di Kota Yogyakarta menjajakan makanan ini, hanya beberapa kios tertentu yang berada di daerah Kotagede.  Sebuah kota kecil di sudut Kota Yogyakarta yang terkenal dengan tempat peninggalan-peninggalan Kerajaan Mataram Islam dan kerajinan peraknya. Kotagede terletak di sebelah tenggara dari pusat Kota Yogyakarta (Malioboro) berjarak sekita 10 kilometer. Di tempat inilah Kipo berasal. Kipo merupakan jajanan pasardi Kotagede, teksturnya berwarna hijau yang kenyal dan berisi campuran parutan kelapa dan gula jawa menjadi ciri makanan ini.
Konon nama Kipo berasal dari kata “Iki opo” (dalam Bahasa Indonesia berarti “apa ini?”) kemudian disingkat menjadi Kipo. Ketika banyak mesyarakat belum mengenal makanan ini, mereka banyak yang bertanya : “Iki Opo, iki opo?”. Dari sinilah lambat laun masyarakat mengenalnya dengan nama Kipo.
Kipo sendiri memang hanya diproduksi di beberapa tempat trtentu di Kotagede. Hanya beberapa rumah saja yang memproduksi jajanan ini. Bentuknya memang tidak begitu besar, hanya sebesar ibu jari orang dewasa. Sehingga makannya pun hanya sekali gigit. Rasanya yang khas memang begitu terasa dalam makanan ini.
Bahan utama pembuatan kipo adalah tepung beras ketan, gula jawa, paruran kelapa dan garam. Kulit kipo  terbuat dari tepung ketan, serta isinya adalah campuran gula jawa dan parutan kelapa. Kunyahan yang begitu kenyal menjadi ciri kipo. So bagi kamu yang belum pernah coba makanan ini, wajib di coba. Malu dong sudah lama tinggal di Jogja tapi belum pernah mencoba makanan ini. Atau bahkan malah belum pernah dengar nama Kipo.hehe

0 komentar:

Post a Comment

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter