"learning by doing"

Thursday 18 September 2014

Posted by JendelaIlmu21 on 05:38 | No comments

 picture : keepcalm-o-matic.co.uk
Siapa yang tidak mengenal skripsi. Setiap mahasiswa pasti pernah mengerjakannya atau akan mengerjakannya. Dalam kenyataannya skripsi memang salah satu syarat bagi seorang mahasiswa untuk dinyatakan lulus S1. Tidak sedikit mahasiswa yang tidak mendapatkan kelulusan, bertahan dikampus dengan waktu yang cukup lama, bahkan di drop out disebabkan oleh perkara ini, yaitu skripsi.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips yang telah saya terapkan saat mengerjakan skripsi dulu untuk teman-teman. Mungkin masih dalam tahap menyelesaikan skripsi atau  akan memulai mengerjakan skripsi, agar skripsi bisa terselesaikan sesuai rencana dan tidak berhenti di jalan.

1. Niat
Perkara ini sangatlah penting jika teman-teman akan melakukan segala sesuatu. Jika mengerjakan skripsi bermodal ngikutin arus saja saya jamin tidak akan terikat untuk menyelesaikannya dan pasti akan membutuhkan waktu yang lama dan tak terhingga. Sebaliknya jika sejak awal telah menguatkan niat untuk mengerjakan skripsi, pasti akan selalu mendapatkan semangat dan kemudahan dalam menyelesaikannya.

2. Kenali, cintai, pahami
Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Pepatah tersebut sangat tepat dalam perihal pengerjaan skripsi. Pastikan anda mengetahui tema/pokok bahasan tersebut sebelumnya, baik ketika mendapatkannya di mata kuliah, praktikum, dan sebagainya. Baca sebanyak-banyaknya segala sesuatu aspek yang mendukung pokok bahasan skripsi.

3. Dosen pembimbing sesuai pilihan
Dalam mengerjakan skripsi, pasti ada dosen pembimbing skripsi (DPS). Dalam penentuan DPS biasanya mahasiswa bisa mengajukan sendiri, siapakah dosen yang ingin ia jadikan sebagai DPS atau bisa jadi dipilihkan dari jurusan. Yang perlu ditekankan disini adalah seorang mahasiswa akan lebih enjoy dengan dosen yang ia segani. Ia akan selalu semangat jika akan menghadap DPS.

4. Buat planning yang tepat
Dalam berorganisasi kita sering mendapati penggunaan timeline, timeline tersebut bisa berkaitan dengan kegiatan organisasi atau acara yang diadakan. Gunakan metode tersebut dalam pengerjaan skripsi juga. Bagaimana caranya? Buat jadwal dalam sebuah tabel dengan target2 yang ingin anda selesaikan. Semisal bulan pertama anda  akan menyelesaikan BAB I, yaitu meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah, hipotesa, teori dll. Kemudian pada bulan kedua anda mengerjakan BAB II, dan seterusnya. Jadi, jika skripsi teman-teman terdiri dari 5 bab, maka dalam waktu 5/6 bulan teman-teman bisa menyelesaikannya. Dibawah tabel tersebut tulis peraturan-peraturan / hukuman yang akan teman-teman harus lakukan jika melanggar timeline yang telah dibuat. Dengan demikian, akan lebih mudah dan terencana dalam penyelesaiannya. Sehingga skripsi akan selesai tepat pada waktunya.
 
5. Tingkatkan aspek spiritual
Aspek pendukung dalam menyelesaikan skripsi selanjutnya adalah aspek spiritual. Perbanyaklah doa, meminta restu kepada orangtua, sedekah, dan amal-amal kebaikan yang lainnya. Percaya atau tidak hal tersebut akan memudahkan dalam mengerjakan skripsi. Perlu diingat, meningkatkan sisi spiritual tidak hanya saat mengerjakan skripsi saja, akan tetapi setiap saat kita harus selalu berupaya untuk meningkatkannya hehe.

6. Perbanyak diskusi
Wawasan dalam mengerjakan skripsi harus luas. Sering-seringlah berdiskusi dengan teman yang memiliki pokok bahasan sama/tidak jauh dari pokok bahasan skripsi yang teman-teman punya. Maka teman-teman akan menemukan wawasan baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.


Skripsi tidak akan selesai dengan sendirinya, skripsi harus dikerjakan, JUST DO IT.
Sementara cukup sekian tips yang saya sampaikan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter